Rabu, 13 Agustus 2014

PESAN BALI

Kuta, Jimbaran, Sanur
Pasir, ombak, laut
Turis dan devisa
Bali

Pesona elok nikmat dipandang mata
Sajian lenggak-lenggok para penari Legong Keraton
Kearifan lokal lestari nan kokoh

Mereka, datang dari penjuru dunia tebarkan semangat indahnya berbudaya

Wahai manusia bermata biru, berambut pirang, berkulit tak berpigmen
Senang menyambut hadirmu di tanah Dewata ini
Senyum riang canda tawa serta berbagai kisah kehidupan lain
Menyatu di seluruh penjuru tanah Dewata
Aku sebarkan berbagai keindahan nyaman dan sedap
Untuk membuatmu tetap tinggal

Satu waktu aku terkejut
Teman-temanku di Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota lain bertanya
Facebook, Twitter, Yahoo menjadi ajang saling bertanya
Dan mereka bertanya
„Good Morning, Mister. Do you know Bali?“
Secara lantang kau jawab “Yes, I know”
Lalu teman-temanku pun bertanya untuk memastikan
„Which country is Bali located?“
Tidakkah kau sadar?
Jawabanmu membuat mereka menahan tertawa
Ada pula beberapa dari mereka tertawa terkekeh dan menertawakanmu
Jawabanmu konyol untuk dimaklumi
„Bali is a country“

Wahai manusia bermata biru, berambut pirang, berkulit tak berpigmen
Aku ini bukan negara
Hanya saja tercipta sebagai pulau untuk menarikmu kesini
Memang seluruh dunia berkata aku memiliki daya pikat tersendiri
Setidaknya sebelum kau menginjakkan kakimu di tanah Dewataku ini
Kau harus telah lebih tau dimanakah posisiku

Aku ini sebuah pulau dari sebuah negara yang kaya
Aku ini bagian dari wilayah Sabang sampai Merauke
Aku berada di sebuah tanah negara yang subur dan makmur
Kau harus mengetahuinya
Negaramu mungkin telah lebih maju dari negaraku
Tapi belum tentu negaramu memilikiku

Jadi......
Satu pesanku untuk selalu kau ingat
Dan jangan lupa untuk disebarkan kepada teman-temanmu
Aku ini bukan negara Bali
Aku terikat, harus terikat, dan selalu terikat
Tapi memang inginku terikat
Oleh sebuah negara dimana penduduknya ramah
Negara dengan intensitas matahari yang sangat cukup
Ya! Negeri khatulistiwa
Aku ini bagian dari Indonesia

Indonesia yang kucinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar